Langsung ke konten utama

Menapak Asa dari Alas Kaki

Alas kaki kini lebih beragam jenis dan modelnya. Ini karena alas kaki dipilih bukan hanya pertimbangan nyaman saat dipakai, tapi juga bentuknya yang cantik dan unik dipandang. Tak terkecuali sandal jepit. Jika dulu sandal jepit dengan model standar yang itu-itu saja, beberapa tahun terakhir berkembang lebih kreatif.

Sebut saja sandal karakter yang merupakan produk kerajinan terbuat dari spon, kemudian dibentuk pola tokoh kartun yang unik dan lucu. Pola tokoh ini terinspirasi dari film kartun, sehingga sangat disukai anak-anak, bahkan remaja dan orang tua.

Bentuknya yang unik dan warna-warni, membuat model sandal satu ini kian mendapat tempat di hati konsumen. Terlebih harganya yang sangat terjangkau. Tak salah jika dalam waktu singkat pelaku usaha produk ini terus bertambah karena melubernya permintaan.

Seperti penuturan Endang MH, karyawati salah satu pusat kebugaran di Surabaya. Sejak melihat salah satu koleksi produk sandal karakter di internet, ia langsung tertarik dengan beberapa model. Pencarian alamat pun dilakukan hanya untuk membeli 1-2 pasang model.

“Modelnya lucu-lucu, seperti panda, stroberi, ikan dan lainnya. Harganya pun bisa dibilang hampir sama dengan sandal jepit rumahan. Bedanya, sandal karakter ini bisa dipakai jalan-jalan, terlihat santai namun trendi,” kata Endang, Kamis (15/7).

Ketika ia memakai sandal ini, ternyata banyak tetangganya yang tertarik. Merasa ada peluang, ibu rumah tangga ini mencoba menawarkan produk unik itu. “Toh ada sistem keagenan yang memberikan harga diskon dari produsen, dan itulah margin kita. Jadi, selain bisa selalu update model baru untuk dipakai sendiri, bisa juga untuk jualan kecil-kecilan,” ungkapnya.

Besarnya pasar sandal karakter menjadi peluang tersendiri tak hanya bagi produsen, namun juga jaringan penjualan yang sebagian besar diserahkan kepada agen. Effendi, produsen sandal Kaki-Q dan Japit-Q mengakui, tren sandal karakter mulai booming sejak 2008, di mana banyak produk beredar di pasar.

“Persaingan memang cukup ketat. Namun produk yang memiliki kualitas bahan di atas rata-rata akan tetap eksis, demikian juga dengan harga yang tentunya harus bisa terjangkau dan kompetitif,” ulas pria yang kini telah memiliki lebih dari 35 agen di seluruh Indonesia ini.

Selain itu, Effendi yang mengembangkan usaha bersama istrinya ini, terus mengeluarkan model-model baru dengan inovasi yang unik. Ini menjadi salah satu kunci agar permintaan produknya terus meningkat. Soal satu ini, paling tidak setiap dua bulan sekali ia menciptakan 1-2 model baru.

Dengan harga jual kisaran Rp 20.000-25.000 per pasang, saat ini rata-rata ia mampu memproduksi sekitar 8.000-10.000 pasang per minggu. Sebagian besar produksi dikerjakan melalui kelompok atau mitra kerja perajin yang ada di sekitar tempat tinggal. “Pekerja tetap 15 orang, lebih dominan untuk tenaga pemasar,” ujar warga perumahan Garden Dian Regency di kawasan Juanda, Sidoarjo.

Saat ini, Kaki-Q telah mengoleksi puluhan model yang ia kategorikan dalam beberapa tema, seperti sandal distro, sport edition, Baguza dan Gimmick. Ukuran tersedia mulai kecil, sedang dan besar.

Produk sandalnya beredar melalui agen-agen di Jakarta, Bandung, Manado, Mamuju, Semarang, Jogjakarta, Palembang, Lampung, Padang, hingga Kalimantan. “Ada permintaan dari Jepang, Timor Leste, Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura. Namun masih jadi pertimbangan karena kualitasnya harus prioritas, kami juga mesti mempersiapkan penambahan kapasitas produksi,” jelas Effendi, yang saat ini meraup omzet mendekati Rp 500 juta per bulan.

Kondisi penjualan yang membaik juga dialami produsen sandal kreatif merek Dhiif’s. Kepala Produksi Dhiif’s Niken Puspoweni mengakui, produksinya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, saat ini sekitar 7.000 pasang per hari.

Permintaan yang terus mengalir ini lantaran usia sandal yang biasanya tidak lama. Sandal Dhiif’s lazimnya sandal rumahan yang terbuat dari bahan spon padat yang rata-rata usianya satu tahun.

Tak ubahnya sandal jepit dari bahan karet, kepadatan spon juga bisa tergerus alias geripis. Lemnya bisa tidak menguat lagi. Pada saat itu maka orang akan beli sandal baru dengan model baru.

“Kita sengaja bermain di segmen low-end sandal harian, karena kalau harganya murah maka perputaran uangnya juga cepat. Sistem penjualan dengan agen, tidak mal-to-mal atau bikin outlet khusus karena ongkosnya pasti besar sekali,” jelas Niken.

Dengan sistem pemasaran agen, terbukti penjualan sandal Dhiif’s meroket. Saat ini omzet per bulannya bisa mencapai Rp 1,5 miliar. Apalagi bulan depan upaya ekspor akan dijajaki. “Bulan depan ada permintaan dari Malaysia 300 pasang. Ini ekspor pertama, makanya tidak banyak karena distributor di sana ingin melihat respons pasar dulu,” katanya.

Harga jual per pasang Rp 23.500, baik sandal anak maupun dewasa. Untuk luar pulau harganya menjadi Rp 25.000 per pasang. Dhiif’s merupakan sandal yang diproduksi sejak 2003 oleh pasangan suami istri Purnomo Probo Nugroho dan Nur Wahyu Hidayati, yang memang perajin sandal.

Bagi suami-istri ini, bentuk sandal yang standar market-nya sudah jenuh karena persaingan dengan sandal lain sangat padat. “Waktu itu iseng-iseng bikin sandal karakter boneka untuk anak. Responsnya bagus. Maka terus dikembangkan berbagai karakter, termasuk sandal dewasa,” ujarnya.

Karakter yang disajikan ada mobil, tupai, panda, hati, jamur, paus, kumbang, bola basket, anggur, apel, belimbing, stroberi, kodok, dan masih banyak lagi jenisnya, yang bisa dibentuk sesuai order. surya.co.id

Postingan populer dari blog ini

Sempat Dilarang Usaha, Kini Sehari Ciptakan 30 Item

Membidik pasar segmen wanita tentu bukan langkah yang salah. Pasalnya, hampir setiap wanita ingin terlihat lebih cantik dan modis. Ini pula yang disasar Oky Mia Octaviany, perajin aksesoris yang sukses masuk di segmen tersebut. Saat ini, beragam aksesoris seperti, bros, gelang, tas, anting, serta hiasan jilbab buatannya, banyak dikenal pembeli baik dari Jatim, luar pulau, bahkan hingga pasar ekspor ke Arab Saudi dan Eropa. Meski sebetulnya usaha yang ia jalankan berangkat dari kegagalannya merintis usaha sebelumnya. Wanita kelahiran Surabaya, Oktober 1971 lalu itu, memang pernah mencoba berbisnis makanan. Namun usaha itu ternyata hanya bertahan setahun. Itu membuat dia dilarang sang suami, Banyon Anantoseno, untuk menggeluti usaha. “Saya pun merenung ternyata kegagalan itu akibat saya tidak suka masak. Oleh karena itu, saya mencoba menggeluti lading bisnis lain yang selama ini saya sukai,” papar Oky ditemui di rumah sekaligus workshop-nya di kawasan Sidosermo Surabaya. Tahun 2

Peluang Usaha Kreatif Daur Ulang Limbah

Banyaknya limbah atau sampah yang setiap harinya diproduksi masyarakat, menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan yang ada di sekitar mereka. Segala macam usaha dilakukan pemerintah dan instansi swasta untuk menyelamatkan lingkungan dari tumpukan limbah sampah yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat. Program pemerintah untuk mengolah semua sampah, ternyata dimanfaatkan sebagian masyarakat menjadi peluang usaha baru yang bertujuan menyelamatkan lingkungan dari limbah sampah. Dengan munculnya peluang bisnis kreatif daur ulang limbah, dapat mengurangi jumlah limbah yang menumpuk serta memberikan keuntungan yang cukup besar bagi pelaku bisnisnya. Limbah sampah yang dihasilkan masyarakat, dengan kreativitas dan inovasi dari para pelaku bisnis, limbah sampah dapat didaur ulang dan dirubah menjadi produk baru yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Limbah organik seperti kayu, dedaunan, kulit telur serta tulang hewan dapat didaur ulang dan diolah menjadi berbagai kerajinan unik atau d

Ingin Bermanfaat Lebih Banyak melalui Roncean Tasbih

Tasbih umumnya terbuat dari bahan kayu cendana dengan dominasi warna coklat, hitam atau batu fosfor warna putih yang bisa menyala. Namun, kini semakin banyak dijumpai model tasbih dengan bahan mulai mutiara imitasi, kaca hingga batu-batuan. Warnanya pun semakin beragam, kuning, hijau, biru, ungu, juga pink. Di tangan Ira Puspitasari, aneka batu-batuan, perak, mutiara imitasi atau kaca itu bisa berubah wujud menjadi roncean tasbih nan cantik. Apalagi, masih ditambah batuan Swarovski. “Apa yang saya mulai ini karena belum cukup puas dengan produk aksesoris wanita. Saya ingin bisa memberi lebih banyak manfaat bagi semua orang atas hasil karyanya. Yaitu dengan membuat tasbih unik yang dibuat dari beragam batu-batuan,” tutur Ira, Kamis (12/8). Memang, tasbih buatannya tak lepas dari hasil keisengannya dalam memadupadan aksesoris dan barang yang selama ini telah ia geluti sejak dua tahun terakhir. “Saya berpikir kalau misalnya batu-batuan ini saya padu dengan butiran tasbih kayaknya c